Mengulik Strategi Survive Perusahaan Di Tengah Pandemi Covid

Rancangan usaha ini harus berisi jenis usaha yang akan Anda jalankan, nama produk, goal market dan bagaimana cara Anda menjualnya. Selain itu sebaiknya Anda juga mempertimbangkan potensi perkembangan usaha yang akan Anda jalankan tersebut, harga beli dan keuntungannya. Presiden Joko Widodo menginstruksikan jajarannya untuk mempercepat penyaluran bantuan sosial dan obat-obatan gratis kepada masyarakat pada pekan ini. Bantuan tersebut diharapkan dapat meringankan beban masyarakat di tengah kebijakan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Darurat.

Tak sedikit perusahaan yang terpaksa mengurangi jumlah karyawan atau PHK , bahkan menutup usaha mereka akibat badai krisis pandemi Covid-19. Sesungguhnya bisnis itu menarik saat kita memiliki mindset dan data yang relevan bukan? Kegairahan ini yang membedakan seorang entrepreneur dan pelaku usaha biasa saja. Aspek kapabilitas, seorang pelaku usaha biasanya asik dengan keseharian usahanya dan sekaligus menjadi abai bahwa sebuah usaha itu butuh mengembangkan berbagai kapabilitas. Berbagai penelitian menemukan hasil bahwa pengembangan kapabilitas dapat menghadirkan hasil usaha yang sangat baik.

Strategi bisnis dimasa pandemi

Head Global Hosting Airbnb, Catherine Powell mengatakan, dampak Covid-19 terhadap bisnis perjalanan membuat perusahaan harus membatalkan rencana selama dua bulan. Anda bisa mempelajari hal tersebut dengan mencoba mengevaluasi keuangan usaha Anda, dan menunda rencana bisnis sementara demi menghemat pengeluaran yang kurang efisien. Hal yang perlu Anda pastikan terlebih dahulu adalah posisi likuiditas bisnis Anda. Namun, jika memilih chief yang tepat dan tepercaya, bisnis MLM ini dapat mendatangkan keuntungan yang besar dengan sistem yang cukup mudah. Dari berdagang makaroni keliling, menjual cheese cake dan thai tea dari mal ke mal, menjadi instruktur dengan bayaran rata-rata, hingga membuka bisnis pakaian.

Sebelum itu, harus berhati-hati dalam memilih agar tidak terjerat di bisnis MLM yang tidak kompeten sehingga mengalami kerugian. Kemudian, diawali dengan keputusan Andri untuk menjalankan bisnis MLM di AFC, kehidupannya pun berangsur menjadi lebih baik. Dalam waktu satu bulan, pendapatannya mencapai Rp a hundred juta, ia pun telah menghasilkan whole pendapatan hingga Rp 900 juta rupiah hanya dalam waktu 7 bulan. Dengan adanya Covid-19, beberapa strategi muncul dan dengan cepat digunakan. Adaptasi ini merupakan pelajaran yang sangat berharga bagi mereka yang terlibat dalam lingkungan organisasi. Secara umum kerugian peserta buying and selling semakin meningkat, namun tentunya di bidang lain akan mendatangkan keuntungan yang cukup signifikan, terutama yang siap beradaptasi dengan cepat.

Meminta izin dapat pula mempererat komunikasi dengan pelanggan yang akan menguatkan kepercayaan mereka terhadap produk Anda. Bisnis makanan rumahan secara online naik daun karena banyak restoran yang menutup gerai saat penerapan Pembatasan Sosial Berskala Besar . Selain itu, banyak pula masyarakat mulai jenuh dengan makanan yang dikonsumsi tiap hari, sehingga butuh variasi rasa pada lidah mereka ketika tak bisa ke mana-mana. “Kita membuat atau menggabungkan beberapa produk dalam satu paket, dijual dengan diskon. Misalnya, paket kamar resort digabungkan dengan tiket pesawat,” katanya.

Strategi pertama, yang perlu dilakukan oleh pihak resort adalah penguatan pada jasa yang ditawarkan., karena jasa yang ditawarkan adalah hal yang penting untuk memuaskan konsumen. Ini penting karena pada saat pandemi covid 19 , kebersihan adalah hal yang harus diutamakan untuk melindungi pengunjung agar terhindar dari wabah yang terjadi. Pihak lodge bisa menerapkan protokol kesehatan seperti menyediakan tempat cuci tangan, pengecekan suhu tubuh, penyediaan hand sanitizer di tempat yang sering disentuh pengunjung dan selalu mendisinfektan setiap ruangan atau kamar pengunjung. [newline]Selain itu pihak hotel juga diharapkan dapat menyediakan makanan yang higienis dan bergizi. Beberapa hal tersebut perlu untuk dilakukan supaya pengunjung lodge merasa aman dan nyaman saat menginap di hotel. Pandemi yang terjadi di Bumi Pertiwi ini tentu berdampak di berbagai sektor, terutama dalam sektor kesehatan yang menjalar ke sektor perekonomian.

Menciptakan sebuah ide bisnis dapat dimulai dengan menentukan goal pasar yang ingin disasar. Berangkat dari langkah tersebut, pelaku usaha kemudian dapat mulai menciptakan solusi dari permasalahan yang dimiliki oleh goal pasarnya. Dengan begitu, para pelaku usaha dapat membangun strategi bisnis yang tepat dan menciptakan produk maupun jasa yang sesuai dengan masalah yang ingin dipecahkan oleh bisnis yang mereka rintis. Dari segi strategi bisnis, Andre mengatakan, kondisi pandemi Covid-19 mengharuskan pelaku bisnis untuk merubah cara bisnisnya dari konvensional. Menurutnya harus dipahami dulu keahlian yang dimiliki, jenis produk dan segmen pasarnya dengan cara melakukan riset pasar.

Merdeka.com – Masa pandemi memberikan pelajaran penting pada pelaku usaha, terutama dengan adanya perubahan kebiasaan dari masyarakat yang mengedepankan protokol kesehatan dan mengurangi interaksi fisik. Hanya pelaku usaha yang adaptif yang dapat terus menjaga usahanya supaya tetap kompetitif dan relevan. “Hal ini kerap menjadi perhatian kita seluruh pengusaha, karena digital advertising ini seluruh proses dilakukan secara online sehingga memudahkan kita yang tidak bisa kemana-mana atau wfh,” sebut Kevin.

Dalam upaya berbisnis di era pandemi harus mengetahui potensi kebutuhan konsumen yang dibarengi dengan adanya influencer dan associate bisnis untuk membantu proses promosi. Melihat strategi tersebut, adanya perencanaan dan catatan keuangan dalam memulai atau mengembangkan suatu usaha atau bisnis adalah penting. Hal ini berkaitan dengan keberlangsungan dalam kondisi regular maupun tidak normal seperti saat ini yang terganggu oleh pandemi yang menghambat beberapa akses, baik itu untuk mendapatkan bahan baku, rantai pasok maupun pengiriman barang untuk konsumen.

Dirut BNC Tjandra Gunawan, menyebutkan, populasi produktif milenial usia tahun di tahun 2020 berjumlah sekitar sixty three,5 juta jiwa. “Hal ini menjadikan milenial sebagai mesin pertumbuhan yang signifikan untuk perekonomian Indonesia. Di tengah resesi ekonomi yang terjadi saat ini, BNC ingin berpartisipasi mempercepat pemulihan ekonomi dengan menyasar generasi muda untuk semakin melek finansial dengan memberikan layanan yang sesuai dengan kebutuhan mereka,” ungkap Tjandra. Tak bisa dipungkiri, pandemi COVID-19 telah mendorong percepatan transformasi digital dan menuntut masyarakat di seluruh dunia termasuk Indonesia untuk beradaptasi dengan perkembangan era digital.

Saski